English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 14 Maret 2012

Cara Merubah Font Family Blog Menggunakan Google Web Fonts

Google Web Font
Malam Ini Malam Kamis,,Rencana sih mau jalan sama ayank,,cuman cuaca malam ini tidak mendukung atau Hujan,,dari pada ga ada kerjaan mendingan saya posting blog..siapa tau postingan saya ini berguna buat agan-agan yang telah mengunjungi blog ini....

Oke,,Sekarang Kita mulai saja Membahas atau Merubah font family blog menggunakan Google Web Fonts...
Pertama Kamu Kunjungi dulu Google Web Fonts.


Memilih Jenis Font di Google Web Fonts
Setelah Kamu  berada di halaman utama Google Web Fonts, klik Start choosing fonts dan sesaat kemudian Kamu akan Melihat daftar beserta live preview dari masing-masing font.

MGWF1"


MGWF2"
Pada bagian ini, Kamu bisa menggunakan teks/kalimat Kamu sendiri dengan menginputkan teks pada bagian A. Kamu juga bisa melihat bagaimana font-font tersebut ditampilkan dengan ukuran (font size) berbeda dengan melakukan pengaturan pada bagian B "perhatikan kembali gambar sebelumnya!".


Selanjutnya, cari jenis font yang menurut Kamu menarik. Pada dasarnya Kamu bisa menggunakan jenis font manapun. Namun beberapa jenis font, menurut saya, lebih cocok digunakan pada isi atau konten blog, sementara lainnya lebih baik digunakan pada heading atau judul posting. Font-font untuk heading biasanya tebal-tebal (bold), sedangkan untuk isi lebih kurus (light).


Cara Menggunakan Google Web Fonts di Blog

ok!! Setelah Kamu memilih font yang kamu suka, selanjutnya klik pilihan Quick-use seperti ditunjukkan anak panah C pada gambar sebelumnya. Google Web Fonts kemudian akan menampilkan halaman berikut


MGWF3"


Di halaman ini Kamu akan menemukan instruksi bagaimana menyisipkan jenis font untuk blog atau website.


Di bagian paling kanan, Kamu akan melihat Page load indikator yang memberikan informasi mengenai seberapa besar dampak yang akan terjadi pada proses loading blog dengan menggunakan font yang Kamu pilih tadi. Semakin besar angka yang ditampilkan, maka akan semakin besar pula waktu yang dibutuhkan browser untuk me-render halaman blog/web Kamu.

Angka yang ditampilkan pada indikator ini berbeda-beda, tergantung dari jenis serta tingkat ketebalan font yang akan di gunakan. Dalam hal ini Google pun memeringatkan untuk tidak menggunakan jenis font terlalu banyak. pilihlah 1 atau 2 jenis font yang memang benar-benar Kamu Suka.

Lanjutkan dengan melakukan scroll mouse ke bawah dari halaman yang sama hingga Kamu menemukan bagian seperti tampak pada gambar :


MGWF4"


Di bagian ini Kamu diberi tiga pilihan bagaimana menyisipkan jenis font di blog, yakni: Standard, import, dan Javascript.

Kemudian salin kode yang diberikan dan simpan di antara tag <head> dan </head>.

Salin pula property CSS pada bagian Integrate the fonts into your CSS ke selector CSS yang akan menggunakan jenis font tersebut! Perhatikan contoh berikut!
h2{
font-family: 'Signika', sans-serif;}

.blog{
font-family: 'Signika', sans-serif;}

Pesan Galat Saat Menggunakan Google Web Fonts di Blogger

Jika Kamu ingin menggunakan jenis font dari Google Web Fonts ini di Blogger, Kamu tidak Perlu panik jika Blogger menampilkan pesan galat seperti berikut.





nah.. Untuk menghilangkan pesan galat ini, cukup tambahkan tanda slash (/) tepat sebelum tanpa tag penutup (>).
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Iceland' rel='stylesheet' type='text/css' />
 Mengatur Kerenggangan Font dengan CSS Property
Apabila tampilan font yang Anda pilih dari Google Web Fonts terlalu rapat,Kamu bisa menambahkan property CSS letter-spacing dan beri nilai misalnya 0.05em atau 0.1em. Jika terlalu rengang, tambahkan tanda minus (-) di depan nilai yang diberikan.
h2{
      font-family: 'Signika', sans-serif;
      letter-spacing: 0.1em;}

.blog{
      font-family: 'Signika', sans-serif;
      letter-spacing: -0.05em;}
Gampangkan !! selamt merombak huruf blog kamu sehingga enak di pandang, semoga bermanfaat
makasih infonya buat Link Sukses...
Cara Merubah Font Family Blog Menggunakan Google Web Fonts 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Ditulis Oleh : Unknown Admin Tempat Berbagi Ilmu Untuk Sesama

Artikel Cara Merubah Font Family Blog Menggunakan Google Web Fonts Ini Diposting Oleh Unknown Pada Hari Rabu, 14 Maret 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda Serta Kesediaan Anda Membaca Artikel Ini. Kritik dan Saran Dapat Anda Sampaikan Melalui Kotak Komentar.

Comments
0 Comments

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan ribuan terimakasih kepada kalian yang telah berkunjung maupun berkomentar di blog saya ini.

Bagi Sobat yang ingin berkomentar tentang blog atau postingan saya,mohon jangan membuat SPAM